LAYANAN ANAK USIA DINI DI TPA BERINGHARJO YOGYAKARTA

Nur Hidayah, S.Sos., M.Si (2007) LAYANAN ANAK USIA DINI DI TPA BERINGHARJO YOGYAKARTA. UNY.

[img]
Preview
Text
Nur_Hidayah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Profil TPA Beringharjo, Bentuk layanan anak usia dini, Pola layanan anak usia dini, Proses pelaksanaan program layanan anak usia dini, Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program layanan anak usia dini Upaya mempertahankan faktor pendukng dan penghambat kendala dalam pelaksanaan program layanan anak usia dini di, Pandangan pengelola lembaga tentang urgensi pendidikan yang tepat bagi anak usia dini, Kualitas ketenagaan serta profesi¬onalitas di dalam pengelolaan program layanan anak usia dini di, Proporsi layanan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, Respon masyarakat dalam memanfaatkan layanan yang diseleng¬ga¬rakan. Pendekatan penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan doku¬mentasi. Analisis data mengguakan reduksi data,penyajian data dan pengambilan kesimpulan Verifikasi) secara kualitatif. Setting penelitian di TPA Beringharjo Yogyakarta. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bentuk layanan aak usia dini di adalah layanan asuhan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Gondomanan serta bimbingan. 2) Pola layanan yang diberikan dalam waktu yang relatif tetap dan pelayanan tambahan diluar waktu yang disepakati. 3) Proses pelaksanaan program layanan anak usia dini diatur dalam jadual yang sama antara anak yang satu dengan yang lain. Setiap anak diberi kesempatan menggambar, mewarnai, mengenal angka dan hururf, namun untuk permainan tidak dibebaskan bermain. 4) Faktor pendukung dalam melak¬sanakan program layanan masih perlu peningkatan bila dibanding anak yang diasuh sedang untuk faktor penghambat masih perlu evaluasi demi peningkatan pelayanan yang diberikan. 5) Upaya yang dilakukan untuk mempertahankan faktor pendukung dan mengatasi faktor pengambat masih diperlukan banyak upaya demi peningkatan layananya. 6) Pandangan pengelola tentang urgensi pendidikan yang tepat bagi anak usia dini masih sedikit perhatiannya, sehingga sangat diperlukan adanya evaluasi demi peningkatan layanan. 7) Proporsi layanan yang diberikan TPA masih kurang proporsional karena para pengasuh masih kurang menyadari urgensinya. 8) Respon masyarakat bagus. Kata kunci: layanan, anak, usia dini FISE, 2007 (PEND. SEJARAH)

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:53
Last Modified: 26 Jun 2012 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item