MENINGKATKAN PRES BILANGAN PECAH KOOPERATIF SISWA KE AJ Diaju un guna PROGRAM ST JURUSAN PEND UNI i PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN ECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBE TIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHE A KELAS IV B SD NEGERI DERESAN TAH AJARAN 2011/2012 DEPOK SLEMAN

Inayah Pratiwi, Sari (2012) MENINGKATKAN PRES BILANGAN PECAH KOOPERATIF SISWA KE AJ Diaju un guna PROGRAM ST JURUSAN PEND UNI i PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN ECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBE TIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHE A KELAS IV B SD NEGERI DERESAN TAH AJARAN 2011/2012 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1- 08108241127.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241127.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -08108241127.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER -08108241127.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08108241127.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas IV B SD Negeri Deresan Depok Sleman dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pelaksanaan tindakan terdapat 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Deresan Depok Sleman yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda dan essay, serta lembar observasi. Pada setiap akhir siklus terdapat tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV B SD Negeri Deresan dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh hasil tes. Pada pretes ada 11 siswa (35,5%) dari seluruh siswa yang mendapat nilai diatas KKM (>60). Hasil tes pada siklus I ada 24 siswa (77,42%) dan pada siklus II ada 27 siswa (90,32%). Nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70,32 dan pada siklus II yaitu 85,08. Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 77,50% dan pada siklus II sebesar 87,50%. Kata Kunci : prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, model pembelajaran kooperatif, teknik Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, model pembelajaran kooperatif, teknik Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item