Hendra Heru , Nugroho (2012) UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WANOGARA KULON PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Lembar kata pengantar -08108241095.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan -08108241095.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pernyataan -08108241095.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar persetujuan -08108241095.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi hal i-xv dan 1-131 -08108241095.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi lampiran hal 132-163 -08108241095.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya merupakan masalah yang dihadapi oleh kelas V SD Negeri 1 Wanogara Kulon. Keaktifan dan hasil belajar siswa belum maksimal karena guru menyampaikan materi pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan proses dan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Wanogara Kulon, Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan 1 siklus dalam dua kali pertemuan dengan waktu 45 menit x 4 jam pelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar pengamatan, wawancara, dokumentasi dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya menggunakan model Contextual Teaching and Learning di SD Negeri 1 Wanogara Kulon mengalami peningkatan dalam satu siklus dengan nilai yang cukup memuaskan. Hasil belajar IPA sebesar 14,82% pada pre tes, meningkat menjadi 84% pada siklus 1. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 69,18% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,68. Selain itu, terjadi peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Kata kunci : Proses belajar, Hasil belajar, Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses belajar, Hasil belajar, Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 00:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9743 |
Actions (login required)
View Item |