PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEAKTIFAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2011/2012

Khusnalia Dian , Maharani (2012) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEAKTIFAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08520244045.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08520244045.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08520244045.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08520244045.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08520244045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA N 1 Sentolo. 2) Mengetahui pengaruh yang signifikan antara keaktifan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA N 1 Sentolo. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMA N 1 Sentolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sentolo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Pengujian validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua. Dan analisis regresi ganda dua prediktor untuk hipotesis yang ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Disiplin Belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar TIK yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi yaitu 14,7% yang diperoleh dari kuadrat rhitung dan nilai pvalue < α 5%, 2) Keaktifan Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar TIK yang ditunjukkan oleh nilai nilai koefisien determinasi yaitu 35,4% yang diperoleh dari kuadrat rhitung dan nilai pvalue < α 5%, dan 3) Secara bersama-sama Disiplin Belajar dan Keaktifan Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar TIK yang ditunjukkan oleh harga Fhitung > Ftabel, yaitu 17,513 > 1,960. Kata Kunci : disiplin belajar, ekstrakurikuler komputer, teknologi informasi dan komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, ekstrakurikuler komputer, teknologi informasi dan komunikasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9742

Actions (login required)

View Item View Item