PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MAKAM REMBANG PURBALINGGA

Neni , Setiyani (2012) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MAKAM REMBANG PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244136.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244136.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108244136.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244136.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108244136.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Makam Rembang Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan variabel terikat hasil belajar kognitif IPA dan variabel bebas pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar. Desain penelitiannya yaitu Nonrandomized Pre test-Post test Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Makam Rembang Purbalingga yang berjumlah 43 yang terdiri dari 2 kelas. Kelas IVA berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas IVB berjumlah 22 siswa sebagai kelompok eksperimen. Objek penelitian berupa hasil belajar kognitif IPA dengan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa 3 tahap yaitu tahap deskripsi data, tahap uji prasyarat analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar siswa, tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan tahap pengujian hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar kognitif IPA pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5% (alpha 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif IPA antara kelompok yang memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar dengan kelompok yang menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata pre test 67,82 dan rata-rata post test 82,73. Pada kelompok kontrol rata-rata pre test 65,90 dan rata-rata post test 77,33. Dengan demikian kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 14,91, sedangkan kelompok kontrol mengalami peningkatan yang lebih kecil yaitu sebesar 11,43. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig 0,046 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD N 1 Makam Rembang Purbalingga. Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, hasil belajar kognitif IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar, hasil belajar kognitif IPA.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9741

Actions (login required)

View Item View Item