UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO

Iis Kukuh , Prasetyo (2013) UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKK.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP N 3 MANISRENGGO ABSTRAK Oleh: Iis Kukuh Prasetyo NIM. 05104244026 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus II untuk mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pengambilan subyek melalui teknik purposive subject . Subyek penelitian ini adalah kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo . Dengan pertimbangan subyek memiliki permasalahan yang sama dalam kepercayaan diri. Jenis tindakan yang dilakukan penerapan metode bermain peran. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu Skala kepercayaan diri, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. Pemberian bermain peran (role playing) pada siklus I dilaksanakan empat tindakan dan siklus II dilaksanakan yang sama hanya saja tingkat kesulitan ditambah. Metode bermain peran dapat membangun rasa percaya diri, rasa percaya terhadap teman dan interaksi antar subyek, menimbulkan kepercayaan diri dalam bermain peran. Dengan cara pemberian bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 7 tindakan. Dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor skala kepercayaan diri sebelum dilakukan tindakan adalah 101,8 pada siklus I meningkat menjadi 113,1 dan siklus II menjadi 148,8. Dengan cara pemberian bermain peran (role playing) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 7 tindakan . Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku meningkat dalam kepercayaan diri meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIIID di SMP N 3 Manisrenggo. Kata kunci : bermain peran, kepercayaan diri, penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2013 04:24
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9736

Actions (login required)

View Item View Item