PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI PANDEYAN YOGYAKARTA

Krisda Titis, Anggraeni (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI PANDEYAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108249140.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108249140.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108249140.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108249140.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108249140.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas I SD Negeri Pandeyan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Pandeyan Yogyakarta yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa dari 30 butir soal terdapat 25 butir soal yang valid dengan indeks reliabilitas sebesar 0,937. Teknik analisis data Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakan media gambar, hasil belajar siswa ada pengaruh signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil akhir belajar siswa pada kelompok eksperimen 84,48 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol 69,76. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan penggunaan media gambar dengan media sketsa. Kata kunci : Media Gambar, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item