STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA DAN TES JAWABAN SINGKAT DI SD NEGERI SAMIRONO

Istiqomah, Istiqomah (2012) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA DAN TES JAWABAN SINGKAT DI SD NEGERI SAMIRONO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108241126.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241126.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108241126.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108241126.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241126.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri Samirono dengan menggunakan tes pilihan ganda dan tes jawaban singkat khususnya pada materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan sebaliknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Samirono yang berjumlah 50 siswa. Sekolah tersebut merupakan kelas paralel, untuk kelas VA diberikan bentuk tes pilihan ganda dan kelas VB diberikan bentuk tes jawaban singkat. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yang telah memenuhi kriteria pengujian instrumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan menggunakan analisis statistik parametrik uji-t untuk membandingkan hasil belajar yang menggunakan tes pilihan ganda dan yang menggunakan tes jawaban singkat. Hasil belajar matematika yang menggunakan tes jawaban singkat lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan tes pilihan ganda. Hal itu bisa terlihat dari hasil rata-rata kelompok tes jawaban singkat yang diperoleh siswa sebesar 96,88 dan rata-rata kelompok tes pilihan ganda yang diperoleh siswa adalah sebesar 82,04. Hasil perhitungan dengan menggunakan ujit juga membuktikan bahwa hasil belajar yang dites menggunakan tes jawaban singkat lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang dites dengan pilihan ganda dengan perolehan nilai t sebesar 4,919 dan taraf signifikansinya 0,000 (kurang dari 5%). Kata kunci : tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, hasil belajar matematika
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9708

Actions (login required)

View Item View Item