PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TENTANG PENYESUAIAN DIRI BAGI SISWA KELAS X SMK

Tri, Ratni (2012) PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TENTANG PENYESUAIAN DIRI BAGI SISWA KELAS X SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover -08104241027.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 -08104241027.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 -08104241027.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 -08104241027.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka -08104241027.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran -08104241027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media CD interaktif bimbingan pribadi sosial tentang penyesuaian diri bagi siswa kelas X SMK yang layak dan baik. Sebagai media pemahaman tentang penyesuaian diri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangn atau Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang meliputi penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal (validasi ahli), revisi produk awal, uji coba lapangan utama, revisi produk utama, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik random sampling untuk 10 siswa pada uji coba lapangan utama dan 40 siswa untuk uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk mendapat penilaian dari ahli materi “baik” dengan persentase 74%. Menurut ahli media kualitas produk adalah “baik” dengan persentase 74,04%. Sedangkan menurut ahli praktisi kualitas produk adalah “sangat baik” dengan persentase 84,17%. Pada data hasil uji coba lapangan utama kualitas produk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 78,92% dan dari data hasil uji coba lapangan operasional kualitas produk adalah “sangat baik” dengan persentase sebesar 83,18%. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, media dan praktisi media dinyatakan layak. Sedangkan pada uji coba lapangan utama dan operasional dapat disimpulkan bahwa produk termasuk kategori “sangat baik” dengan hasil penilaian produk pada uji coba lapangan operasional sebesar 83,18%. Kata kunci: media CD interaktif, penyesuaian diri, siswa kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media CD interaktif, penyesuaian diri, siswa kelas X.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item