UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI SENAM IRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JOMEGATAN BANTUL

Windanarsih, Erni Indri (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI SENAM IRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JOMEGATAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ERNI INDRI.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui senam irama pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini semua anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Bantul, yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan unjuk kerja. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pokok, yakni panduan observasi, dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jomegatan Bantul. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan senam irama yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa pada kegiatan sebelum tindakan, anak yang memenuhi unsur-unsur dalam senam irama dengan kriteria lentuk ada 3 anak atau mencapai 15% dari jumlah anak, kriteria luwes ada 2 anak atau 10%, criteria seimbang ada 3 anak atau 15%, kriteria kontuinitas gerakan ada 3 anak atau 15% dan kriteria tepat irama ada 2 anak atau 10%. Pelaksanaan tindakan siklus I anak yang memenuhi kriteria lentuk ada 10 anak atau mencapai 50% dari jumlah anak, kriteria luwes ada 10 anak atau 50%, kriteria seimbang ada 11 anak atau 55%, kriteria kontuinitas gerakan ada 9 anak atau 45% dan kriteria tepat irama ada 10 anak atau 50%. Pada tindakan siklus II anak yang memenuhi kriteria lentuk ada 19 anak atau mencapai 95% dari jumlah anak, kriteria luwes ada 18 anak atau 90%, kriteria seimbang ada 19 anak atau 95%, kriteria kontuinitas gerakan ada 18 anak atau 90% dan kriteria tepat irama ada 18 anak atau mencapai 90%. Kata kunci : kemampuan motorik kasar, senam irama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Jun 2012 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item