IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD N BENDUNGAN IV WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012

Abdul , Basar (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD N BENDUNGAN IV WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB1 - 0810824113.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 0810824113.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3 - 0810824113.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4 - 0810824113.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 0810824113.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 0810824113.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 0810824113.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan solusi implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang dilakukan di SD N Bendungan IV Wates Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah semua guru PKn dan siswa di SD N Bendungan IVserta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara kepada semua guru PKn dan melakukan observasi di kelas III sebagai wakil kelas rendah dan kelas IV sebagai wakil kelas tinggi yang disertai dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan yang dilakukan adalah dengan dengan menyiapkan silabus, RPP, serta menyiapkan bahan ajar yang berwawasan karakter, (2) tahap pelaksanaan menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, langkah pembelajaran, media dan metode sehingga proses pembelajaran dikondisikan mendapat pengalaman belajar secara bermakna, (3) tahap penilaian dilakukan pada tahap proses, yaitu melihat sikap siswa selama pembelajaran berlangsung dan tahap hasil, yaitu kegiatan pembelajaran yang mengacu pada aspek kognitif, (4) kendala yang dihadapi antara lain kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar, siswa belum mencapai KKM, dan kurangnya sarana dan prasarana, dan (5) solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan dengan berdiskusi dengan guru lain dalam KKG untuk mengembangkan bahan ajar, melakukan remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM. Kata kunci: pendidikan karakter, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item View Item