PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ina , Maulida (2012) PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa terhadap implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) faktor pendukung dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (3) faktor penghambat dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan antara pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2012. Tempat penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 1445 orang. Jumlah sampel yang diambil 145 orang menggunakan teknik pengambilan sampelProportional Stratified Random Sampling.Informanuntuk mengetahui faktor pendukung danpenghambatdalam penelitian ini adalah ketua Tim ISO, guru, dan kepala TU. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terhadap implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 aspek fokus pada pelanggan pada kategori baik (67,65%), aspek kepemimpinan pada kategori baik (74,80%), aspek keterlibatan personel pada kategori baik (75,69%), aspek pendekatan proses pada kategori baik (69,05%), aspek pendekatan sistem pengelolaan pada kategori baik (73,33%), aspek peningkatan terus-menerus pada kategori baik (72,90%), aspek pembuatan keputusan berdasarkan fakta pada kategori baik (77,07%), dan aspek hubungan saling menguntungkan dengan mitra pada kategori baik (77,93%); (2) faktor pendukung adalah sosialisasi SMM ISO 9001:2008, kesadaran dan komitmen warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan daristakeholders; (3) faktor penghambat adalah ketersediaan dana, kualitas input siswa, kurangnya kesadaran personel untuk mengubah kebiasaan lama. Kata Kunci:Persepsi siswa, Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008, Faktor Pendukung dan Penghambat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008, Faktor Pendukung dan Penghambat
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9686

Actions (login required)

View Item View Item