PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X2 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DI SMA NEGERI 1REMBANG, PURBALINGGA

Wela Dwi , Marwati (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X2 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DI SMA NEGERI 1REMBANG, PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08201244070.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08201244070.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08201244070.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08201244070.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08201244070.pdf

Download (111MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X2 dengan model pembelajaran sinektik di SMA N 1 Rembang, Purbalingga agar siswa menjadi terampil menulis cerpen dengan memperhatikan unsur-unsur menulis cerpen yang mencakup fakta cerita, sarana cerita, tema dan mekanika penulisan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini mengambil subjek kelas X2 yang berlokasi di SMA N 1 Rembang, Purbalingga. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan model pembelajaran sinektik. Data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi hasil tulisan siswa dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data penelitian ini mencakup analisis tindakan yang dilakukan secara kualitatif, sedangkan analisis hasil dilakukan secara kuantitatif. Teknik untuk mencapai kredibilitas penelitian menggunakan validitas demokratis, validitas proses dan validitas dialog. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model sinektik dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X2 di SMA N 1 Rembang, Purbalingga dalam menulis cerpen. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I telah mengalami peningkatan, namun belum mencapai hasil yang optimal. Skor rata-rata menulis cerpen yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 68,97, sedangkan skor rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus I adalah 73,80 yang menjadi tolak ukur keterampilan menulis cerpen siswa. Skor tersebut telah mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75. Setelah tindakan siklus II, terjadi peningkatan dari segi hasil menulis cerpen siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus II yaitu 80,03. Selain itu, terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X2 SMA N 1 Rembang, Purbalingga. Siswa menjadi lebih berani bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat dan berantusias saat pembelajaran menulis cerpen berlangsung. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model sinektik dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas X2 SMA N 1 Rembang, Purbalingga dalam menulis cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item