MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DALAM KEGIATAN PENGENALAN SAINS (MENGENAL BENDA) DI TK ABA MUTIHAN KLATEN

Uswatun, Hasanah (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DALAM KEGIATAN PENGENALAN SAINS (MENGENAL BENDA) DI TK ABA MUTIHAN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Uswatun.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Kelompok B melalui pembelajaran Kooperatif STAD dalam kegiatan Pengenalan Sains (mengenal benda) di TK ABA Mutihan. Adapun kemampuan kognitif dapat diukur dengan melihat perilaku-perilaku kognitif yang dimunculkan anak yang terbagi menjadi tiga kemampuan yaitu kemampuan mengingat, memahami dan mengaplikasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (classroom actions research). Subyek penelitian ini terdiri dari 15 siswa anak kelompok B di TK ABA Mutihan. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan yang dimulai pada bulan April. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan diakhiri dengan melakukan tes untuk mengukur kemampuan kognitif dalam tingkat mengingat, memahami, dan mengaplikasikan. Siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan dan di akhiri dengan tes kemampuan mengingat, memahami, dan mengaplikasikan untuk mengukur kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes lisan, tes kinerja dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B setelah diberikan pembelajaran kooperatif STAD. Hal itu ditandai dengan meningkatnya skor dalam setiap penilaian perilaku kognitif anak, diantaranya kemampuan mengingat mencapai nilai rata-rata 8,5 dari jumlah keseluruhan anak. Hasil tes lisan kemampuan memahami mencapai nilai rata-rata 8,2 dan hasil tes kinerja kemampuan mengaplikasikan mencapai nilai rata-rata 8,00 dari jumlah keseluruhan siswa. Kata kunci: kemampuan kognitif, pembelajaran kooperatif STAD, kegiatan pengenalan sains (mengenal benda)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item