PEMBELAJARAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MULIA BONGGALAN SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

Mela , Wijayanti (2012) PEMBELAJARAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MULIA BONGGALAN SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
mela wijayanti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Bercerita di Kelompok Bermain Tunas Mulia Bonggalan Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran bercerita di Kelompok Bermain Tunas Mulia. Dalam penelitian diharapkan dapat memperoleh deskripsi data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara ini disajikan dalam bentuk laporan dan uraian, untuk kemudian disusun dalam bentuk hasil penelitian deskriptif dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman (2009). Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya dengan menggunakan trianggulasi data, yaitu dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan pengamatan, apa yang dikatakan situasi dalam penelitian sepanjang waktu, dan membandingkan hasil wawancara dengan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran bercerita menggunakan media video di Kelompok Bermain Tunas Mulia dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain: (1) perencanaan pembelajaran yang meliputi administrasi, perencanaan kurikulum, menetapkan tujuan pembelajaran, menyusun persiapan mengajar; (2) peran guru dalam pembelajaran, yaitu mulai dari perencanaan, menyiapkan media, membimbing pelaksanaan pembelajaran, sampai evaluasi kegiatan; (3) media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah poster/gambar, laptop, dan pengeras suara atau speaker; serta meja berukuran sedang untuk meletakkan semua media; (4) pelaksanaan pembelajaran yang dapat terlaksana sampai evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran bercerita menggunakan media video ini dapat dicapai yaitu menggunakan wawancara/tanya jawab. Kata kunci: Pembelajaran bercerita, media video, Kelompok Bermain

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 03 Jan 2013 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9667

Actions (login required)

View Item View Item