PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS III SD N TAMPIRKULON I MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 /2012

Sihombing, Senti (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KALIMAT SISWA KELAS III SD N TAMPIRKULON I MAGELANG TAHUN AJARAN 2011 /2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Senti Sihombing.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Negeri Tampirkulon I Kecamatan Candimulyo Kabupatan Magelang dengan menggunakan media kartu kalimat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalahpenelitiaantindakankelasdengan mengunakan desain tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam bentuk siklus. Subjekpenelitiaan ini adalahsiswakelas III SDN Tampirkulon I sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan butir soal, lembar pengamatan guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik analisisdata menggunakan statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamelalui penggunaan media kartukalimatyang berbeda-bedawarna dan berbeda bunyinya dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Negeri Tampirkulon I. Dilakukansecara per kelompok,dan masing-masing kelompok dapat mengurutkan kalimat secara benar, kemudian setiap siswa membaca kartu yang dipegannya di depan kelas dan menempelkannya pada papan tulis. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata dalam setiap siklusnya.Pada kegiatan pra siklus 59,38 (5 dari 16 siswa mengalami ketuntasan belajar) atau 31,25 % setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 71, 88 (6 dari 16 siswa yang mengalami ketuntasan belajar) atau 37,5%meningkat 68,75%. Peningkatan keterampilan membaca nyaring pada siklus I sebesar 12,5 pra siklus 59,38 meningkat menjadi 71,88 dan siklus II meningkat sebesar 20,93 pra siklus 59,38 meningkat 80,31 (100% siswa tuntas belajar). Dengandemikian telah mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci : keterampilan membaca nyaring, media kartu kalimat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9661

Actions (login required)

View Item View Item