MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DAN URUTANNYA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA

Widayati, Ria (2012) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DAN URUTANNYA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SELOMULYO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ria Widayati.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Selomulyo terhadap konsep pecahan dan urutannya melalui pendekatan Pendidikan Matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Selomulyo dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Selomulyo terhadap konsep pecahan dan urutannya. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test tidak ada (0%), akhir siklus I sebesar 77,14%, dan akhir siklus II semua siswa (100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 45,16, akhir siklus I 65,85, dan akhir siklus II 85,95. Selain itu, peningkatan juga terlihat pada keaktifan siswa dalam mengerjakan masalah kontekstual dengan menggunakan cara siswa sendiri, siswa melakukan peragaan dengan fasilitas belajar dan meningkatnya antusias siswa dalam mempresentasikankan jawaban di depan kelas dan menanggapi jawaban dari kelompok penyaji. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep pecahan dan urutannya, siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9660

Actions (login required)

View Item View Item