MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, dan MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEPEN, WATES TAHUN AJARAN 2011/2012

Warisman, Niki Asmaraning (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, dan MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEPEN, WATES TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Niki Asmaraning Warisman.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui penerapan model PAKEM siswa kelas V SD Negeri Pepen, Wates tahun ajaran 2011/2012. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari enam pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pepen, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 15 siswa putri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes yang telah dikonsultasikan kepada dosen pembimbing. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pepen, Wates tahun ajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan melalui penerapan model PAKEM. Hal itu dibuktikan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebesar 4%, akhir siklus I sebesar 79%, dan akhir siklus II semua siswa (100%), sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 40, akhir siklus I 76,2, dan akhir siklus II 89. Demikian pula dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siklus I diberi tindakan berupa persiapan sarana pembelajaran, duduk menurut model PAKEM, dan penggunaan alat peraga. Hasil dari siklus I ialah mulai terjadi perbaikan dalam proses pembelajaran. Siklus II diberi tindakan optimalisasi pemberian reward, membuat kegiatan tanya jawab, selingan, optimalisasi penggunaan alat peraga. Hasil dari siklus II adalah proses pembelajaran semakin membaik. Kata kunci: Model PAKEM, prestasi belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9659

Actions (login required)

View Item View Item