Peningkatan Prestasi Belajar Pecahan Menggunakan Media Garis Bilangan Pecah pada Siswa Kelas III SDN Tampirwetan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2011 – 2012

Yustina, Mujiyani (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Pecahan Menggunakan Media Garis Bilangan Pecah pada Siswa Kelas III SDN Tampirwetan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2011 – 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mujiyani Yustina.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pecahan pada siswa kelas III SDN Tampirwetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2011/2012 menggunakan media garis bilangan pecah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam bentuk siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Tampirwetan sebanyak 21 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan butir soal, lembar pengamatan guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media garis bilangan pecah yang dibuat per kelompok dengan macam-macam warna dapat memudahkan siswa kelas III SD Tampirwetan dalam mempelajari materi pecahan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar pecahan pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata dalam setiap siklusnya. Pada kegiatan awal 57,38 (9 dari 21 siswa mengalami ketuntasan belajar) atau 42%. Setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 70,40 (13 dari 21 siklus yang mengalami ketuntasan belajar) atau 61% meningkat 20,59%. Sedangkan pada kegiatan siklus II meningkat dari 70,40 menjadi 83,28 (100% siswa tuntas belajar). Dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci : prestasi belajar, pecahan, media garis bilangan pecah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9657

Actions (login required)

View Item View Item