PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS IV DI SD NEGERI BUGEL DAN SD NEGERI PLERET KIDUL KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012

Laksono, Faisal Adhi (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS IV DI SD NEGERI BUGEL DAN SD NEGERI PLERET KIDUL KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisal Adhi Laksono.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap penguasaan konsep IPA kelas IV di SD Negeri Bugel dan SD Negeri Pleret Kidul, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitan ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Bugel dan SD Negeri Pleret Kidul dengan jumlah keseluruhan 62 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah dengan cara dipilih langsung oleh peneliti yaitu kelompok kontrol adalah kelas IV SD Negeri Pleret Kidul dan kelompok eksperimen adalah kelas IV SD Negeri Bugel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal instrumen pretest, posttest, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah beda mean dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap penguasaan konsep IPA siswa yang mengikuti proses pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia pembelajaran di kelas IV SD Negeri Bugel daripada proses pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran di kelas IV SD Negeri Pleret Kidul. Perhitungan skor rata-rata akhir penguasaan konsep kelompok eksperimen yaitu 7,17. Skor rata-rata akhir kelompok eksperimen ini lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata akhir kelompok kontrol yaitu 5,92. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Kata kunci: pembelajaran IPA, multimedia pembelajaran, penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item