PENGGUNAAN KARTU BILANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI CATURTUNGGAL 4 DEPOK

Herawati, Erna (2012) PENGGUNAAN KARTU BILANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI CATURTUNGGAL 4 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erna Herawati.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan menggunakan media kartu bilangan pada siswa kelas I B Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 4, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I B SD Negeri Caturtunggal 4 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Data hasil penelitian tentang materi penjumlahan dan pengurangan dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada penjumlahan dan pengurangan di kelas I B Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 4, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 5,58. Pada siklus I dengan menggunakan media kartu bilangan adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 6,37. Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 7,47. Kata kunci : kartu bilangan, media pembelajaran, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item View Item