HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING IDEAL DENGAN MINAT KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK

Zuli Maria , Ulfa (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING IDEAL DENGAN MINAT KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING IDEAL DENGAN MINAT KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK Oleh Zuli Maria Ulfa NIM: 08104241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal dengan minat konseling pada siswa kelas XI SMA N 1 Ngemplak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SMA N 1 Ngemplak. Populasi siswa kelas XI berjumlah 103 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa angket persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling dan angket minat konseling. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus product moment dari Pearson dengan pergerakan item yang valid dari 0,303 sampai 0,819 untuk item persepsi terhadap bimbingan dan konseling ideal dan 0,327 sampai 0,912 untuk item minat konseling. Untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dari uji reliabilitas variabel persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal sebesar 0,981 dan variabel minat konseling sebesar 0,972. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal pada sebagian besar siswa berada dalam kategori tinggi yaitu sebesar 62,13% siswa, untuk tingkat minat konseling cenderung rendah yaitu sebesar 67% siswa. Besarnya hubungan antara persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal dengan minat konseling dapat dilihat dari nilai harga korelasi yang diperoleh sebesar 0,533 dengan peluang kesalahan (P) sebesar 0,01 yang menunjukkan nilai rtabel 1% sebesar 0,256. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal dengan minat konseling pada siswa kelas XI SMA N 1 Ngemplak. Persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal memberikan sumbangan sebesar 28,4% terhadap minat konseling siswa kelas XI SMA N 1 Ngemplak dan 71,6% disebabkan oleh variabel lain. Kata kunci : persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling ideal,minat konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item