EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK N 2 WONOSARI

Briyan, Sumartono (2012) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK N 2 Wonosari. Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilihat dari aspek context, input, process dan product. Hasil evaluasi yang dilakukan digunakan sebagai masukan untuk sekolah dalam menyelenggarakan ekstrakurikuler. Penelitian dilakukan di SMK N 2 Wonosari. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala bidang kesiswaan sebanyak 2 orang, guru pembimbing ekstrakurikuler sebanyak 13 orang, siswa peserta ekstrakurikuler yang berjumlah 201 orang. Penelitian ini menggunakan metode Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari aspek context dengan responden kepala sekolah dan wakil kepala bidang kesiswaan sebesar 50% termasuk dalam kategori baik; (2) evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari aspek input dengan responden guru pembimbing untuk ekstrakurikuler bidang olah raga bola termasuk dalam kategori baik dengan nilai 39,60%, bidang olah raga bela diri termasuk dalam kategori baik dengan nilai 44,40%, bidang penalaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 38,90%, bidang kesenian termasuk dalam kategori kurang dengan nilai 50%, bidang khusus termasuk dalam kategori baik dengan nilai 44,20%. Menurut siswa, input pelaksanaan ekstrakurikuler bidang olah raga bola termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 46,70%, bidang olah raga bela diri termasuk dalam kategori baik dengan nilai 45,76%, bidang penalaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 48%, bidang kesenian termasuk dalam kategori kurang dengan nilai 47,40%, bidang khusus termasuk dalam kategori baik dengan nilai 42,265%; (3) evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari aspek process dengan responden guru pembimbing untuk ekstrakurikuler bidang olah raga bola termasuk dalam kategori baik dengan nilai 52,77%, bidang olah raga bela diri termasuk dalam kategori baik dengan nilai 55,55%, bidang penalaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 64,80%, bidang kesenian termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 60%, bidang khusus termasuk dalam kategori baik dengan nilai 61,15%. Menurut siswa, process ekstrakurikuler bidang olah raga bola termasuk dalam kategori baik dengan nilai 61,50%, bidang olah raga bela diri termasuk dalam kategori baik dengan nilai 62,10%, bidang penalaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 60,90%, bidang kesenian termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 47,10%, bidang khusus termasuk dalam kategori baik dengan nilai 60,20%; (4) evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dari aspek product dengan responden siswa untuk bidang olah raga bola termasuk dalam kategori baik dengan nilai 58,05%, bidang olah raga bela diri termasuk dalam kategori baik dengan nilai 71,20%, bidang penalaran termasuk dalam kategori baik dengan nilai 57,90%, bidang kesenian termasuk dalam kategori baik dengan nilai 52,60%, bidang khusus termasuk dalam kategori baik dengan nilai 66,65%.,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item