PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MENGUBAH POLA BUSANA WANITA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH

Rindang Elis , Fitriyanti (2012) PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MENGUBAH POLA BUSANA WANITA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran mengubah pola gaun dengan teknik konstruksi melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMK Negeri 1 Pengasih, 2) mengetahui peningkatan kompetensi belajar mengubah pola gaun dengan teknik konstruksi melalui penerapan model Teams Games Tournament (TGT) pada kelas X SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan-Tindakan-Observasi dan Refleksi”. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X program keahlian Busana Butik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian observasi, lembar penilaian unjuk kerja dan tes uraian. Uji validitas dan reliabilitas instrumen : 1) lembar penilaian observasi menggunakan validitas isi meminta pertimbangan tiga ahli dan dinyatakan valid dengan catatan, hasil uji reliabilitasnya adalah 0,788; 2) lembar penilaian unjuk kerja menggunakan validitas isi meminta pertimbangan tiga ahli dan dinyatakan valid dengan catatan, uji reliabilitasnya adalah 0,687; 3) tes kognitif menggunakan validitas isi meminta pertimbangan tiga ahli dan dinyatakan valid dengan catatan dan uji reliabilitasnya adalah sebesar 0,897 . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran mengubah pola gaun pada kelas X Busana Butik di SMK Negeri 1 Pengasih terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, merupakan penyusunan rencana tindakan dan penyusunan RPP; 2) pelaksanaan, yaitu penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran mengubah pola gaun; 3) observasi, dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat menggunakan lembar penilaian observasi dan 4) refleksi yaitu mengemukakan kembali apa yang telah terjadi. Pelaksanaan pembelajaran mengubah pola gaun dengan teknik konstruksi melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran mengubah pola gaun sehingga kompetensi belajar mengubah pola gaun dapat meningkat. Peningkatan kompetensi mengubah pola gaun dengan teknik konstruksi ditunjukan dengan pencapaian nilai kompetensi siswa yang memenuhi KKM. Pencapaian kompetensi mengubah pola gaun dengan teknik konstruksi pada pra siklus yang mencapai KKM hanya 59,4 % dan pada siklus pertama pencapaian kompetensi siswa meningkat 5,03 %, pencapaian KKM siswa sebanyak 96,875 %. Selanjutnya pada siklus kedua pencapaian kompetensi meningkat 3,64 %, pencapaian KKM siswa mencapai 100 %. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan dalam mata pelajaran mengubah pola busana wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9630

Actions (login required)

View Item View Item