PENGGUNAAN STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MELAYANI MAKANAN DAN MINUMAN (M3) DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Ni Luh Putu Sri Eka Purwani , Astiti (2012) PENGGUNAAN STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MELAYANI MAKANAN DAN MINUMAN (M3) DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal_niluh.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perubahan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran melayani makanan dan minuman di SMK Negeri 3 Klaten dengan strategi student centered learning dan (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI jasa boga yang sedang mengikuti pelajaran melayani makanan dan minuman. Adapun jumlah populasi yaitu 97 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling yaitu pemilihan sampel penelitian diacak berdasarkan kelas yang telah ada. Hasil undian kelas yang akan diberikan perlakuan yaitu kelas XI jasa boga 3 yang berjumlah 33 orang siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgement experts). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Penilaian kemampuan komunikasi siswa dalam penelitian ini dilakukan selama tiga kali yaitu sebelum, selama dan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif oleh guru. Penilaian kemampuan komunikasi siswa dengan menggunakan rubrik. Sementara itu untuk menilai kemampuan siswa dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan dengan menggunakan angket dilakukan sekali diakhir penelitian. Untuk melihat aktivitas komunikasi siswa digunakan lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) Kemampuan komunikasi siswa secara keseluruhan pada penilaian pertama ke penilaian kedua mengalami peningkatan pada kategori sangat baik dan baik, sementara itu untuk kategori cukup dan kurang mengalami penurunan. Prosentase siswa yang berada dalam kategori sangat baik meningkat sebesar 20,53% dan kategori baik meningkat sebesar 2,34%. Sementara itu untuk kategori cukup menurun sebesar 15,57% dan kategori kurang menurun sebesar 7,3%. Dengan demikian penilaian kedua dikatakan berhasil. Pada penilaian ketiga mengalami peningkatan untuk kategori sangat baik yaitu sebesar 34,71% dan penurunan pada kategori baik sebesar 30,3%, kategori cukup sebesar 4,27%, dan kategori kurang menurun sebesar 0,14% sehingga penilaian ketiga dikatakan berhasil. (2) Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan yang dilakukan diakhir pertemuan menunjukkan bahwa sebagian besar atau 75,07% siswa selalu melaksanakan tugas-tugas pelayanan, sering 17,77%, kadang-kadang sebesar 6,61%, dan tidak pernah sebesar 0,55%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9629

Actions (login required)

View Item View Item