HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI SE-KOTA YOGYAKARTA

Okky Dwi , Cahyandari (2012) HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi karakter siswa, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat siswa SMK Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta; (2) hubungan antara lingkungan sekolah (X1), lingkungan keluarga (X2), dan lingkungan masyarakat (X3) dengan karakter siswa SMK (Y) Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini SMK Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta, SMK Negeri yang dijadikan objek penelitian ialah SMKN 2 Yogyakarta dan SMKN 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 337 siswa, penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krejcie-Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Untuk menentukan jumlah sampel kelas X dan XI dalam penelitian ini dipilih dengan teknik stratified proportional random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi dengan metode stepwise yang terdapat dalam program bantu Statistic Package for Sosial Science (SPSS) versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan karakter siswa SMKN kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x2)-x3 = 0,175 dan Ry(x1,x3)-x2 = 0,216), (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan karakter siswa SMKN kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x2)-x3 = 0,175 dan Ry(x2,x3)-x1 = 0,225), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x3)-x2 = 0,216 dan Ry(x2,x3)-x1 = 0,225), (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05 dan Rx1,x2,x3-y = 0,543). Sumbangan determinan variabel bebas terhadap variabel terikatnya adalah D1 = 18,1%; D2 = 21,8%; D3 = 19,5%; dan D1,2,3 = 29,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 00:56
Last Modified: 29 Jan 2019 18:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item