KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN KELAS X DI SMK N 2 YOGYAKARTA DILIHAT DARI PERSEPSI SISWA

SUSILO, (2012) KUALITAS PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN KELAS X DI SMK N 2 YOGYAKARTA DILIHAT DARI PERSEPSI SISWA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SUSILO_07518244010_PT MEKATRONIKA FT UNY.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran mata diklat pekerjaan mekanik dasar kelistrikan kelas X di SMK Negeri 2 Yogyakarta dilihat dari persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat kognitif, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat afektif, dan persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat psikomotor, serta untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat kognitif, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat afektif, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat psikomotor, terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat pekerjaan mekanik dasar kelistrikan kelas X di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi (evaluation research). dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian TITL tahun ajaran 2011/2012 semester genap (semester dua) di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen hasil belajar siswa (nilai rapot). Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik parametris dengan teknik pengujian regresi ganda tiga prediktor dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat kognitif termasuk dalam kategori sangat tinggi, dengan nilai pencapaian kualitas 66,81 dengan persentase 75,92%, (2) persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat afektif termasuk dalam kategori sangat tinggi, dengan nilai pencapaian kualitas 78,83 dengan persentase 82,11%, (3) Persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat psikomotor termasuk dalam kategori baik, dengan nilai pencapaian kualitas 94,96 dengan persentase 84,79%, (4) Prestasi belajar siswa pada mata diklat pekerjaan mekanik dasar kelistrikan kelas X di SMK Negeri 2 Yogyakarta sangat baik dengan kategori tuntas, dengan nilai pencapaian presentase 100%, (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat kognitif, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat afektif, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat psikomotor, terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan garis regresi Y = 51,090 + 0,156X1 + 0,115X2 + 0,102X3, sedangkan koefisen korelasi ganda tiga prediktor sebesar 0,956. Sumbangan efektif total seluruh variabel adalah 91,1%, dengan penjabaran persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat kognitif 39,0%, persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat afektif 25,4%, dan persepsi siswa tentang penyampaian materi guru yang bersifat psikomotor 26,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9623

Actions (login required)

View Item View Item