PERBEDAAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE TUTORIAL PLC SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Yushanafi, Mursid N. (2012) PERBEDAAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE TUTORIAL PLC SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan minat belajar siswa antara penggunaan Software Tutorial PLC dengan metode pembelajaran konvensional cerama pada mata diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik, (2) perbedaan prestasi belajar siswa antara penggunaan Software Tutorial PLC dengan metode pembelajaran konvensional cerama pada mata diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik, (3) hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni dengan posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pengasih, kelas XI program studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TITL 2 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu minat dan prestasi belajar siswa setelah kelompok eksperimen mendapat perlakuan, dan variabel bebas yaitu pembelajaran menggunakan Software Tutorial PLC (kelompok eksperimen), pembelajaran konvensional (kelompok kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan uji-t dan korelasi produk momen pearson dengan bantuan software aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk minat belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,182 dan kelompok kontrol sebesar 74,033. Hasil nilai thitung>ttabel (2,068>2,001) dan signifikansi 0,043<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor minat belajar siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai posttest untuk prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 86,060 dan kelompok kontrol sebesar 81,067. Hasil uji-t menyatakan nilai thitung>ttabel (2,370>2,001) dan signifikansi 0,021<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor minat belajar dan nilai prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Koefisien korelasi rxy sebesar 0,768 menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 58,98%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9606

Actions (login required)

View Item View Item