HUBUNGAN KARAKTER SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL)DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Nugra Anggrianto Ardhani , Putra (2012) HUBUNGAN KARAKTER SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL)DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran karakter siswa dan prestasi belajar siswa, (2) mengetahui hubungan antara karakter siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Karakter siswa meliputi 5 aspek yakni disiplin, kejujuran, tanggung jawab, sopan santun dan religius. Prestasi belajar siswa adalah prestasi belajar kelompok produktif yang ada di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 orang siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Yogyakarta secara umum dalam kategori baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 145,24 (78,93%). Karakter siswa ditinjau dari sub variabel disiplin dalam kategori baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 32,42 (81,05%); kejujuran dalam kategori baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 27,81 (77,26%); tanggung jawab dalam kategori baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 28,46 (79,07%); sopan santun dalam kategori baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 31,64 (79,10%) dan religius dalam kategori kurang baik sesuai dengan nilai rerata sebesar 24,89 (77,78%). Prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam kategori baik sesuai dengan pencapaian nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang dicapai siswa sebesar (98,91%). Hubungan antara karakter siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam kategori sangat lemah sesuai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,126 (1,58%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9604

Actions (login required)

View Item View Item