PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF TERHADAP PERILAKU NEGATIF BERPACARAN MELALUI PELATIHAN ASERTIVITAS PADA SISWA KELAS X PEMASARAN 1 DI SMK NEGERI 1 DEPOK

Weni Nur, Samsi (2012) PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF TERHADAP PERILAKU NEGATIF BERPACARAN MELALUI PELATIHAN ASERTIVITAS PADA SISWA KELAS X PEMASARAN 1 DI SMK NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM. 08104244020.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM. 08104244020.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM. 08104244020.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - NIM. 08104244020.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM. 08104244020.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif terhadap perilaku negatif berpacaran siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta melalui pelatihan asertivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas X Pemasaran 1 Depok yang berpacaran dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru Bimbingan & Konseling yang dimulai pada tanggal 24 Mei 2012 sampai dengan tanggal 13 Juni 2012. Tindakan pelatihan asertivitas dilakukan dalam 1 siklus di mana siklus meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peningkatan perilaku asertif terhadap perilaku negatif berpacaran kelas X pemasaran 1 yang berpacaran dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre-test sebesar 148,00 menjadi 196,69 setelah posttest. Skor rata- rata dikategorikan tinggi karena rata- rata hasil post-test 196,69>168. Peningkatan skor dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 49,15. Selain itu dari hasil observasi pada saat pemberian tindakan, siswa menunjukan peningkatan perilaku asertif dalam berpacaran karena siswa dalam mengikuti pelatihan asertivitas dengan antusias. Selain itu juga dilakukan wawancara terhadap siswa, di mana siswa merasa dan sudah mampu berperilaku asertif dalam berpacaran (2) Metode pelatihan asertivitas yang digunakan pada tindakan I yaitu yaitu pemberian kuis asertif diri dan penayangan video “kekerasan dalam berpacaran”, tindakan II yaitu diskusi pemecahan kasus dilanjutkan dengan role play dan tindakan III yaitu pemecahan kasus secara individu “pengambilan keputusan seksual pranikah”. Kata kunci: perilaku asertif, pelatihan asertivitas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perilaku asertif, pelatihan asertivitas
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item View Item