PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS KOMPUTER TENTANG STRATEGI MENGATASI STRES DALAM BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 YOGYAKARTA

Nur Sya’ban Ratri Dwi , Mulyani (2012) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS KOMPUTER TENTANG STRATEGI MENGATASI STRES DALAM BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 NIM. 08104241024.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 NIM. 08104241024.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 NIM. 08104241024.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover NIM. 08104241024.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran NIM. 08104241024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media bimbingan berbasis komputer tentang strategi mengatasi stres dalam belajar untuk siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta, sehingga siswa dapat memperoleh informasi tentang strategi mengatasi stres dalam belajar. Model penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Model Penelitian Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Penelitian ini melalui 9 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, dan produk akhir. Produk yang dikembangkan terdiri dari 7 materi yaitu: (1) pengertian stres dalam belajar, (2) gejala-gejala stres dalam belajar, (3) sumbersumber stres dalam belajar, (4) respon-respon stres dalam belajar, (5) dampak stres dalam belajar, (6) strategi mengatasi stres dalam belajar, (7) belajar itu menyenangkan. Tiga kelompok subyek uji coba dalam penelitian ini adalah dua subyek ahli, yaitu satu ahli materi Bimbingan dan Konseling dan satu ahli media pembelajaran, serta siswa kelas XI MAN 3 Yogyakarta. Pada subyek siswa, penentuan subjek tersebut dilakukan dengan teknik random untuk 20 siswa pada uji lapangan utama, dan 40 siswa pada uji lapangan operasional. Media bimbingan belajar ini dihasilkan melalui 2 tahap uji coba dan tiga tahap revisi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa media bimbingan belajar tersebut telah layak digunakan sebagai media bimbingan. Pada uji lapangan utama, dan uji lapangan operasional secara keseluruhan media bimbingan belajar berbasis komputer tentang strategi mengatasi stres dalam belajar mendapatkan skor ratarata sebesar 84,1% dan termasuk dalam kategori baik atau layak digunakan sebagai media dalam pelaksanaan layanan informasi bagi siswa kelas XI MAN 3 Yogyakarta. Kata kunci: media bimbingan belajar berbasis komputer, strategi mengatasi stres dalam belajar, siswa kelas XI

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media bimbingan belajar berbasis komputer, strategi mengatasi stres dalam belajar, siswa kelas XI
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 07:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item View Item