KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Yuni , Ratnawati (2012) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img] Text
1.Cover.rtf

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
2.lain2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
3.DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
5.RPP TEMATIK 1.doc

Download (1MB)
[img] Text
6.SILABUS TEMATIK 1.doc

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru SD se Kecamatan Kretek yang mencakup: (1) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan oleh guru, (2) pemahaman terhadap peserta didik oleh guru, (3) pengembangan kurikulum dan silabus oleh guru, (4) perancangan atau perencanaan pembelajaran oleh guru, (5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (6) evaluasi hasil belajar, (7) pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan (8) pengembangan peserta didik oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi 158 guru .pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh hasil 77 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru SD se Kecamatan Kretek termasuk dalam kategori tinggi. Secara lebih rinci mengenai masing-masing sub kompetensi pedagogik guru tersebut sebagai berikut. (1) Guru dalam memahami wawasan atau landasan kependidikan termasuk kategori tinggi dengan persentase 61,64%. (2) Guru dalam memahami peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,16%. (3) Guru dalam mengembangkan kurikulum dan silabus termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,83%. (4) Guru dalam merancanakan pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 67,23%. (5) Guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,17%. (6) Guru dalam mengevaluasi hasil belajar termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,36%. (7) Guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran termasuk kategori tinggi dengan persentase 68,70%. (8) Guru dalam mengembangkan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan persentase 69,52%. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik;Kompetensi Guru;Guru Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik;Kompetensi Guru;Guru Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9569

Actions (login required)

View Item View Item