PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII SMPLB DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA

Suriptini, Suriptini (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYULAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII SMPLB DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -08103249024.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08103249024.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08103249024.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08103249024.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08103249024.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam taplak meja dengan tangan bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir, Sleman, (2) kesulitan yang dihadapi anak tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir, Sleman dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam taplak meja dengan tangan, (3) usahausaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menyulam taplak meja dengan tangan pada anak tunagrahita kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir, Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta, sebanyak tiga orang terdiri dari 2 subjek siswa dan 1 guru keterampilan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi data cross check antar metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam pada siswa tunagrahita ringan di SLB PGRI Minggir Sleman, meliputi: (a) memberikan materi tentang pengenalan alat dan bahan, (b) menjelaskan cara-cara awal menyulam mulai dari membuat pola/motif, memilih motif (c) siswa menciplak pola/motif pada kain, (d) memasang, (e) memilih benang yang sesuai dengan warna kain, (f) memasukkan benang ke lubang jarum, (g) menyulam taplak meja. (2) Kesulitan yang dialami anak, yaitu (a) subjek LT memahami perintah guru sedikit lamban, dalam memilih warna benang kurang percaya diri dan kurang teliti dalam menyulam, (b) subjek OK, yaitu kurang teliti dalam menyulam dan pada saat menciplak motif subjek masih terlihat ragu-ragu. (3) Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan, di antaranya: materi diberikan secara bertahap dan langsung dipraktekkan secara berulangulang, memberi contoh warna, dan mencari warna yang sesuai dengan contoh, meningkatkan motivasi anak. Kata kunci: pembelajaran, keterampilan menyulam, anak tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, keterampilan menyulam, anak tunagrahita ringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 08:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item