KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Yuniar Prita , Rahayuningtyas (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241018.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08203241018.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08203241018.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08203241018.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08203241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman yang signifikan pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 banguntapan Bantul yang diajar menggunakan media gambar dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen dan terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas (media gambar) dan variabel terikat (ketrampilan berbicara). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul yang berjumlah 219. Desain penelitian ini adalah Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 32 peserta didik. Data penelitian diambil dengan menggunakan Tes berbicara. Uji Validitas menggunakan validitas isi, dan validitas konstruk. Dari hasil analisis uji-t diperoleh harga thitung (sebesar 3,116) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2,000), pada taraf sinifikansi α= 0,05 dan db sebesar 62. Hasil posttest kedua kelompok menunjukkan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 11,84, sedangkan rerata kelompok kontrol sebesar 10,73 dan bobot keefektifan 13,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Banguntapan Bantul antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dan yang diajar menggunakan media konvensional (2) penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Banguntapan Bantul lebih efektif daripada yang diajar menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item