FAKTOR – FAKTOR PSIKOLOGIS SISWA PROGRAM AKSELERASI DALAM MENCAPAI PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Soffi Puji, Lestari (2012) FAKTOR – FAKTOR PSIKOLOGIS SISWA PROGRAM AKSELERASI DALAM MENCAPAI PRESTASI BELAJAR DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 (07104244024).pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 (07104244024).pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 (07104244024).pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover (07104244024).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran (07104244024).pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor psikologis siswa program akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta dalam mencapai prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang biasanya cukup banyak dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang memanfaatkan metode statistika dalam proses analisis datanya. Populasi penelitian ini adalah siswa program akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta yang berjumlah 43 orang. Sampel sebanyak 30 orang diambil dengan teknik cluster sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis prosentase, sedangkan untuk menguji validitas dan reliabilitas digunakan uji Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa Faktor-faktor psikologi siswa SMP N 5 Yogyakarta secara umum dalam kondisi baik, dengan rincian sebagai berikut : stres belajar (kategori rendah 30%, kategori sedang 33,3% dan kategori tinggi 36,7%), motivasi belajar (kategori rendah 6,7%, kategori sedang 33,3% dan kategori tinggi 60%), minat belajar (kategori rendah 16,7%, kategori sedang 33,3% dan kategori tinggi 50%), sikap siswa (kategori kurang baik 6,7%, kategori baik 36,7% dan kategori baik sekali 56,6%), kepribadian siswa (kategori kurang baik 33,3%, kategori baik 53,3% dan kategori baik sekali 13,4%), interaksi sosial siswa (kategori kurang baik 6,7%, kategori baik 66,7% dan kategori baik sekali 26,6%). Prestasi belajar siswa SMP N 5 Yogyakarta juga dinilai sangat baik, terbukti dengan perolehan nilai rata-rata kelas mencapai angka 82. Kata kunci : Faktor psikologis , program akselerasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor psikologis , program akselerasi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 08:25
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item