PENGARUH PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAPPRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGISEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012

Yachinta Triana , Puspita (2012) PENGARUH PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAPPRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGISEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 NIM.08108244166.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 NIM.08108244166.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 NIM.08108244166.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover NIM.08108244166.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran NIM.08108244166.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas tinggi SD segugus IV Kecamatan Pengasih tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan variabel bebas perhatian siswa dalam pembelajaran dan variabel terikatnya prestasi belajar Matematika yang dilaksanakan pada bulanApril 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tinggi (IV dan V) SD se-gugus IV Kecamatan Pengasih, dengan jumlah populasi 234 siswa dan sampel 148 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data perhatian siswa., sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar Matematika siswa. Uji validitas menggunakan rumus product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar Matematika kelas tinggi SD se-gugus IV Kecamatan Pengasih tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil perhitungan analisis regresi linier yaitu sig (p) < α atau 0,000 < 0,05 dan r hitung > r tabel atau 0,414 > 0,159. Perhatian siswa dalam pembelajaran berkontribusi terhadap prestasi belajar Matematika sebesar 17,2%. Kata kunci: perhatian siswa, prestasi belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perhatian siswa, prestasi belajar Matematika
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jan 2013 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item