KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS

TYAS , DWIJAYANTI (2012) KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07201244086.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07201244086.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07201244086.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07201244086.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07201244086.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk membuktikan apakah ada perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kemranjen Banyumas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik storyboard dan yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik storyboard, (2) untuk membuktikan apakah teknik storyboard efektif dalam pembelajaran menulis narasi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Kemranjen Banyumas, sebanyak 224 siswa yang terdiri dari lima kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF, dan VIIG. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan posttest menulis narasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes esai menulis narasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (expert judgement), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test kemampuan menulis narasi siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 3,649 dengan df 64 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 1,990. Hasil tersebut menunjukkan Nilai th: 3,649 > ttb:1,990 pada signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk hasil uji-t skor pre-test dan post-test eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 2,556 dengan df 31 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,031. Hasil tersebut menunjukkan nilai th:2,556 > ttb:2,031 pada signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan teknik Storyboard lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis narasi tanpa menggunakan teknik Storyboard.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item View Item