PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN BELAJAR TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 YOGYAKARTA

Tika , Wahyuningtyas (2012) PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN BELAJAR TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 2 (07104244045).pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 (07104244045).pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
covers (07104244045).pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran (07104244045).pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 (07104244045).pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul bimbingan belajar tentang kemandirian belajar untuk siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta yang memiliki validitas dan layak pakai. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 9 tahap, yakni: tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, validasi ahli, dua tahap uji coba, dan tiga tahap revisi. Produk yang dikembangkan terdiri dari empat materi, yaitu: 1) Kemandirian belajar, 2) Keterampilan-keterampilan belajar secara mandiri, 3) Meningkatkan kemandirian belajar, 4) Upaya meningkatkan motivasi belajar. Validasi ahli meliputi 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba terbatas (10 siswa), uji coba produk akhir (40 siswa). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menyimpulkan bahwa modul bimbingan belajar tentang kemandirian belajar siswa kelas X SMKN 2 Yogyakarta dapat dikategorikan layak digunakan sebagai media dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar tentang kemandirian belajar. Penilaian kelayakan modul bimbingan belajar tentang kemandirian belajar berdasarkan validasi ahli media dapat dikatakan “Baik” dengan persentase 73,86%, sedangkan penilaian modul bimbingan belajar tentang kemandirian belajar menurut ahli materi dapat dikatakan dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase 80,56%. Kemudian penilaian kualitas produk hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh siswa dapat dikatakan dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata presentase 76,67% dan yang terakhir hasil penilaian berdasarkan uji coba produk akhir yang dilakukan oleh siswa dapat dikatakan dalam kategori “Sangat Baik” dengan presentase 82,16%. Kata kunci: modul bimbingan belajar, kemandirian belajar, siswa kelas X

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul bimbingan belajar, kemandirian belajar, siswa kelas X
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:07
Last Modified: 29 Jan 2019 18:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item