Pelaksanaan Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Depok

Yuhatmono, Danang Dwi (2008) Pelaksanaan Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Depok. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Danang_Dwi_-_Abstrak_Pelaksanaan_Manajemen_Penjaminan_Mutu_Pendidikan.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan sistem manajemen mutu pendidikan berdasarkan standar manajemen mutu ISO 9001:2000 dalam pengembangan budaya mutu pada unit pendidikan SMKN 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang metode pengambilan datanya dengan menggunakan angket/kuesioner terbuka dan sebagai data pendukung dan pengoreksi, dilakukan juga menggunakan angket terhadap siswa. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Depok, Sleman mulai bulan Mei – Juni 2008. Populasi dari penelitian ini adalah warga SMKN 2 Depok, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, QMR, ketua jurusan dan sekjur, kepala bagian tata usaha, komite sekolah serta siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha-Cronbach.Analisis data dilakukan berdasarkan persentase pencapaian setelah dilakukan perhitungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat/ persentase pencapaian implementasi manajemen penjaminan mutu pendidikan berdasarkan standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang meliputi aspek sistem dokumentasi manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 83.75 % berada dalam kategori baik, aspek tanggung jawab manajemen dengan persentase pencapaian sebesar 80.53 % berada dalam kategori baik, aspek pengelolaan sumber daya dengan persentase pencapaian sebesar 80.89 % berada dalam kategori baik, aspek realisasi lulusan dengan persentase pencapaian sebesar 85.41 % berada dalam kategori baik, aspek pengukuran, analisis dan perbaikan sistem manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 76.45 % berada dalam kategori baik serta aspek pelaksanaan sistem manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 85.83 % berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem manajemen mutu pendidikan, standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2000
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Admin PTE FT UNY
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 14:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item