IDENTIFIKASI TANAMAN BUNGA DI PASAR BUNGA DONGKELAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PENYUSUNAN MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA

Tuttus Sufi Kusuma, Lintang Prita Sekarlangit (2012) IDENTIFIKASI TANAMAN BUNGA DI PASAR BUNGA DONGKELAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PENYUSUNAN MODUL MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08304241022.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08304241022.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08304241022.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08304241022.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08304241022.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Pasar Bunga PASTY Dongkelan sebagai sumber belajar biologi dan untuk mengetahui apakah potensi Pasar Bunga PASTY Dongkelan dapat dijadikan modul pembelajaran di sekolah serta untuk mengetahui penilaian kualitas modul yang dihasilkan menurut guru biologi dan siswa SMA N 7 Yogyakarta. Pemecahan masalah pada skripsi ini menggunakan dua tahapan penelitian, yaitu penelitian biologi menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan penelitian pendidikan biologi menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) model ADDIE yang hanya sampai pada uji terbatas yaitu tahap uji coba pemakaian yang terbatas pada satu kelas. Identifikasi tanaman bunga dilakukan dengan mengamati ciri-ciri bagian bunga, daun, serta batang tanaman bunga di pasar bunga PASTY Dongkelan. Modul disusun berdasarkan analisis hasil penelitian identifikasi tanaman bunga di pasar bunga PASTY Dongkelan. Rancangan modul yang telah disusun direview oleh dosen ahli modul dan dosen ahli materi untuk memperoleh penilaian dan masukan perbaikan modul. Selanjutnya modul diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas X.3 SMA N 7 Yogyakarta serta dinilaikan pada guru biologi di SMA tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Pasar Bunga PASTY Dongkelan dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati, dengan potensi antara lain memiliki jenis tanaman bunga yang banyak (78 jenis), memiliki variasi bunga yang beragam baik berbeda spesies maupun variasi dalam satu spesies, dapat digunakan untuk mencapai 86% konsep yang diinginkan kurikulum dalam satu Standar Kompetensi (SK). Kualitas modul yang dihasilkan menurut penilaian guru biologi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafisan adalah sangat baik. Tanggapan siswa SMA N 7 Yogyakarta terhadap modul dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafisan juga sangat baik, sehingga berdasarkan penilaian tersebut, modul dapat digunakan sebagai bahan ajar biologi di SMA untuk materi keanekaragaman hayati. Kata kunci: Tanaman bunga, sumber belajar, modul, keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanaman bunga, sumber belajar, modul, keanekaragaman hayati
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jan 2013 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item