Tutik , Shahidayanti (2012) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
2.7. daftar nilai pretest.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
2.8. daftar nilai posttest.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
3.1.Hasil Analisis Penilaian materi.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
3.2.Hasil Analisis Penilaian Modul media.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
3.3. Hasil Analisis Penilaian Modul Keseluruhan.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
3.3.Hasil Analisis Penilaian Modul keseluruhan1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
3.4.Hasil Analisis Lembar Respon Siswa.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3.5. Hasil analisis hasil belajar.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
3.6. Hasil Wawancara Guru.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Image
5.1. Kover Modul.jpg Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
5.2. Modul tutik.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
5.2.KATA PENGANTAR.pdf Download (895kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (xviii).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I TUTIK-08301244031.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TUTIK-08301244031.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V TUTIK-08301244031.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
cover (i)-08301244031.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI (viii).pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA TUTIK-08301244031.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR (vi).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.1-1.10.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.11.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.12.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 2.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 3.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 5.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN (v).pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN (iii).pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN (iv).pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN (ii).pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan modul berdasarkan pendekatan kontekstual, (2) mendeskripsikan kualitas modul menurut kelayakan modul, (3) mendeskripsikan efektifitas modul di tinjau dari hasil belajar siswa, dan (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di tinjau dari hasil belajar siswa. Produk dari penelitian ini berupa modul Matematika Segi Empat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP. Model penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analysis (Analisis) yang meliputi analisis kurikulum dan analisis bahan ajar, (2) Design (Perancangan) yang meliputi perumusan judul modul dan judul kegiatan belajar, selain itu validasi instrumen oleh 2 dosen ahli validitas serta dosen pembimbing, (3) Development (Pengembangan) yang meliputi penulisan draft modul, penilaian, analisis dan revisi modul, (4) Implementation (Implementasi) meliputi pengujian untuk memastikan apakah modul yang dibuat mencapai tujuan pembuatannya serta pelaksanaan pretest dan posttest dan (5) Evaluation (Evaluasi) meliputi evaluasi terhadap modul yang dikembangkan. Evaluasi modul tersebut dilakukan antara lain oleh dosen ahli dan guru matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest serta lembar penilaian modul dan wawancara. Penilaian dilakukan oleh 2 dosen ahli matematika dari Universitas Negeri Yogyakarta yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli media serta 2 guru matematika dari SMP Negeri 1 Imogiri. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah modul pada materi segi empat untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian pengembangan modul pada materi segi empat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan proses pengembangan maka proses pengembangan modul dengan pendekatan kontekstual adalah baik, (2) Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul oleh dosen ahli materi memperoleh rata-rata 88,14% dengan kriteria kelayakan sangat baik. Sedangkan penilaian modul oleh dosen ahli media memperoleh rata-rata 78,66% dengan kriteria kelayakan baik. Berdasarkan hasil respon siswa memperoleh rata-rata 78,50% dengan kriteria baik, (3) Berdasarkan keefektifan, penggunaan modul dinyatakan baik dan tuntas dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 67,74%, dan (4) Berdasarkan hasil penggunaan modul dinyatakan setelah pembelajaran menggunakan modul maka hasil belajar meningkat menjadi 67,74%. Kata kunci: modul pengembangan, Segi Empat, kelayakan, efektifitas, meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pengembangan, Segi Empat, kelayakan, efektifitas, meningkatkan hasil belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 00:56 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9509 |
Actions (login required)
View Item |