PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Tutik , Shahidayanti (2012) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2.7. daftar nilai pretest.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.8. daftar nilai posttest.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.1.Hasil Analisis Penilaian materi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.2.Hasil Analisis Penilaian Modul media.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.3. Hasil Analisis Penilaian Modul Keseluruhan.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.3.Hasil Analisis Penilaian Modul keseluruhan1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.4.Hasil Analisis Lembar Respon Siswa.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.5. Hasil analisis hasil belajar.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.6. Hasil Wawancara Guru.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Image
5.1. Kover Modul.jpg

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.2. Modul tutik.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.2.KATA PENGANTAR.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (xviii).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I TUTIK-08301244031.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TUTIK-08301244031.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V TUTIK-08301244031.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover (i)-08301244031.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (viii).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA TUTIK-08301244031.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR (vi).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.1-1.10.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.11.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.12.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 3.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN (v).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN (iii).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN (iv).pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN (ii).pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan modul berdasarkan pendekatan kontekstual, (2) mendeskripsikan kualitas modul menurut kelayakan modul, (3) mendeskripsikan efektifitas modul di tinjau dari hasil belajar siswa, dan (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di tinjau dari hasil belajar siswa. Produk dari penelitian ini berupa modul Matematika Segi Empat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP. Model penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analysis (Analisis) yang meliputi analisis kurikulum dan analisis bahan ajar, (2) Design (Perancangan) yang meliputi perumusan judul modul dan judul kegiatan belajar, selain itu validasi instrumen oleh 2 dosen ahli validitas serta dosen pembimbing, (3) Development (Pengembangan) yang meliputi penulisan draft modul, penilaian, analisis dan revisi modul, (4) Implementation (Implementasi) meliputi pengujian untuk memastikan apakah modul yang dibuat mencapai tujuan pembuatannya serta pelaksanaan pretest dan posttest dan (5) Evaluation (Evaluasi) meliputi evaluasi terhadap modul yang dikembangkan. Evaluasi modul tersebut dilakukan antara lain oleh dosen ahli dan guru matematika. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest serta lembar penilaian modul dan wawancara. Penilaian dilakukan oleh 2 dosen ahli matematika dari Universitas Negeri Yogyakarta yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli media serta 2 guru matematika dari SMP Negeri 1 Imogiri. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah modul pada materi segi empat untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian pengembangan modul pada materi segi empat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan proses pengembangan maka proses pengembangan modul dengan pendekatan kontekstual adalah baik, (2) Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul oleh dosen ahli materi memperoleh rata-rata 88,14% dengan kriteria kelayakan sangat baik. Sedangkan penilaian modul oleh dosen ahli media memperoleh rata-rata 78,66% dengan kriteria kelayakan baik. Berdasarkan hasil respon siswa memperoleh rata-rata 78,50% dengan kriteria baik, (3) Berdasarkan keefektifan, penggunaan modul dinyatakan baik dan tuntas dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 67,74%, dan (4) Berdasarkan hasil penggunaan modul dinyatakan setelah pembelajaran menggunakan modul maka hasil belajar meningkat menjadi 67,74%. Kata kunci: modul pengembangan, Segi Empat, kelayakan, efektifitas, meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pengembangan, Segi Empat, kelayakan, efektifitas, meningkatkan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jan 2013 00:56
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item