EFEKTIVITAS MODEL TEAM-GAME-TURNAMEN PADA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI SLEMAN

Iswari , Susanto (2012) EFEKTIVITAS MODEL TEAM-GAME-TURNAMEN PADA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
artikel skripsi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER ARTIKEL.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PDTM menggunakan metode TGT dan non TGT, (2) mengetahui efektifitas model TGT pada pembelajaran PDTM, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment. Dalam pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment. penelitian dilakukan di SMK PIRI Sleman dengan kelas X SM A sebagai kelompok eksperimen, kelas X SM B sebagai kelompok kontrol. Kelas X SM A sebagai kelompok eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning model TGT dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas X SM B sebagai kelompok kontrol tetap menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1)Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model TGT memperoleh mean 75,7, median 77, modus terdapat dua nilai yaitu 73 dan 77, nilai tertinggi 97 dan nilai terendah 40, Hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah memperoleh mean 50,7, median 57, modus terdapat dua nilai yaitu 57 dan 60, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 30, (2) Pembelajaran model TGT dinilai efektif diterapkan pada pembelajaran PDTM, hal tersebut dapat dilihat dari Koefisien determinasinya r² = 0,674²=0,454. Hal ini berarti nilai rata-rata posttest sebesar 45,4% ditentukan oleh metode pembelajaran TGT. Sisanya 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2012 02:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9502

Actions (login required)

View Item View Item