PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIC MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Choirun , Anwar (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIC MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari tugas akhir skripsi ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pneumatic dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pneumatic siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Prosedur Penelitian memalui lima tahap pengembangan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Kelima tahap tersebut disebut Daur Hidup Pengembangan Sistem Multimedia dalam Pendidikan. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Macromedia Flash 8. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pneumatic berdasarkan pada uji validasi ahli media oleh dosen ahli media Fakultas Teknik UNY, guru mata pelajaran pneumatic Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan dan pendapat siswa melaui angket. Hasil penelitian tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran pneumatic dinyatakan melalui pengujian ahli media, ahli materi dan pendapat siswa. Presentase penilaian yang dilakukan oleh ahli media yaitu dosen ahli media pembelajaran Fakultas Teknik UNY sebesar 80%, sehingga dapat diartikan bahwa pengembangan media pembelajaran pneumatic masuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Presentase penilaian ahli materi yaitu guru mata pelajaran pneumatic SMK Muhammadiyah Prambanan sebesar 89,23%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa materi dalam pengembangan media pembelajaran pneumatic masuk dalam kategori sangat layak. Pendapat siswa selaku user mencapai 79,07%, sehingga masuk dalam kategori layak. Siswa dapat memahami materi dan tertarik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif pneumatic.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2012 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item