PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADASISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGWULUH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012 / 2013

TRI , WINARNI (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADASISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGWULUH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012 / 2013. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 10604227435.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 10604227435.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 10604227435.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 10604227435.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 10604227435.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada pada SD Negeri Kedungwuluh adalah masih rendahnya KKM pada materi guling belakang, sehingga penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran guling belakang melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Kedungwuluh Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh dengan jumlah siswa 30 siswa, 16 siswa putra dan 14 siswa putri, dengan seting perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2012 dan 3 September 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk pengamatan terhadap guru dan siswa, hasil unjuk kerja guling belakang siswa dan kuisioner tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan bermain pada siklus pertama masih ditemukan kekurangan-kekurangan. Untuk hasil belajar guling belakang siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (36,7%) yang belum tuntas 19 siswa (63,3%). Pada siklus II di dalam proses pembelajaran sudah tidak ditemukan kekurangan-kekurangan, hasil belajar anak menunjukan peningkatan sebesar 86,7% tuntas atau 26 siswa tuntas, yang belum tuntas berkurang menjadi 4 siswa (13,3%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran guling belakang siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas tahun 2012/2013. Kata kunci: pembelajaran, guling belakang, bermain

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, guling belakang, bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 16 Jan 2013 08:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item