Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional

Iis Margiyono, Iis Margiyono and Helti Lygia Mampouw, Helti Lygia Mampouw (2011) Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional. PROCEEDINGS International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. ISSN 978-979-16353-7-0

[img]
Preview
Text
P - 13.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Bilangan rasional adalah topik pembelajaran yang unik karena sulit diajarkan namun aplikasinya ada pada setiap hal di dalam kehidupan kita. Keunikan ini merupakan tantangan bagi guru yang wajib memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional untuk menghadirkan pembelajaran yang dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah tentang bilangan rasional berdasarkan komponen pedagogical content knowledge. Penelitian dilakukan pada 6 Madrasah Tsanawiyah di mana responden terdiri dari 6 guru matematika dan 48 siswa kelas VII. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari sisi pedagogical content guru menguasai kurikulum, guru menyadari bahwa materi ini sulit diterima siswa, namun demikian masih kesulitan merencanakan dan melaksanakan pembelajarannya. Content knowledge guru tidak terbedakan berdasarkan kualifikasi akademik tetapi penguasaan guru tentang bilangan rasional tidak sejalan dengan hasil belajar siswa. Kompetensi pedagogik yang masih belum optimal adalah penguasaan tentang mengajar dan pemahaman tentang kebutuhan siswa. Guru masih belum menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat lebih memotivasi siswa belajar bilangan rasional dan penguasaan materi prasayarat yang lemah oleh siswa belum menjadi perhatian guru. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu guru matematika mengevaluasi pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : pedagogical content knowledge, kompetensi guru, bilangan rasional

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > KNPM 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Jun 2012 06:06
Last Modified: 26 Jun 2012 06:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item