PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR BILANGAN KELAS V A SDN GUWOSARI KABUPATEN BANTUL

Suhardi, Suhardi (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MISTAR BILANGAN KELAS V A SDN GUWOSARI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM 08108247107.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM 08108247107.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM 08108247107.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - NIM 08108247107.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM 08108247107.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas V A SDN Guwosari Kabupaten Bantul melalui media mistar bilangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Guwosari, Pajangan, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN Guwosari yang berjumlah 21 orang, dengan rincian 17 pria dan 4 wanita. Objek penelitian ini adalah pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VA SD Guwosari, dengan menerapkan media mistar bilangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, berupa tes sebelum tindakan maupun pos test dan teknik non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualintatif. Sedangkan tes hasil belajar dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mistar bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas V A SDN Guwosari Kabupaten Bantul. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat mengalami peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata pada tes sebelum tindakan hanya mencapai angka 50, siklus I rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 59,4, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,6. Jumlah siswa yang mencapai KKM dari setiap siklus mengalami peningkatan. Sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 3 siswa atau 14,3%, siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 52,4%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa atau 100%. Apabila dilihat dari kriteria keberhasilan, pada siklus II yang sesuai kriteria keberhasilan ada 20 siswa atau sebesar 95,2%. Kata kunci : Media mistar bilangan, konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media mistar bilangan, konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, kelas V
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Jan 2013 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9438

Actions (login required)

View Item View Item