PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KREATIVITAS SISWA DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Juniar , Felissa M (2012) PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KREATIVITAS SISWA DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika terhadap kemampuan penalaran dan kreativitas, pada siswa SMK N 3 Yoyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler robotika yang berjumlah 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan 36 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan mei hingga juni 2012. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu kemampuan penalaran dan kreativitas siswa, dan variabel bebas yaitu pengaruh motivasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan pengolahan data menggunakan aplikasi komputer berbantuan software SPSS 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) motivasi siswa SMK N 3 Yoyakarta tahun ajaran 2011/2012 dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika tergolong sangat tinggi. 2) Kemampuan penalaran SMK Negeri 3 Yoyakarta tahun ajaran 2011/2012 tergolong sangat tinggi. 3) Kreativitas siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 tergolong cukup tinggi. 4) Terdapat pengaruh yang sangat kecil atau hampir tidak ada pengaruh antara motivasi dengan kemampuan penalaran yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika. Diperoleh dari data perhitungan menggunakan SPSS 17.0 pada persamaan regresi hasil dari Rsquare sejumlah 0.035, yang berarti adanya pengaruh motivasi terhadap kemampuan penalaran siswa hanya dengan memberikan sumbangan 3.5 % dengan taraf signifikansi 0.273. 5) Terdapat pengaruh antara motivasi terhadap kreativitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika. Diperoleh dari data perhitungan menggunakan SPSS 17.0 pada persamaan regresi hasil dari Rsquare sejumlah 18.9 yang berarti adanya pengaruh motivasi terhadap kreativitas siswa dengan memberikan sumbangan 18.9% dengan taraf signifikansi 0.008. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika mempunyai hubungan yang positif dengan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 18:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9429

Actions (login required)

View Item View Item