PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Niken Ayu , Larasati (2012) PERSEPSI GURU PEMBIMBING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PRAKTIK PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi guru pembimbing terhadap keterampilan mahasiswa praktik PPL dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Mahasiswa dalam upaya menyiapkan diri sebagai calon guru yang profesional harus menguasai berbagai macam keterampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menguasai materi, keterampilan menyampaikan materi, keterampilan pengelolaan kelas, keterampilan menutup pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang diisi oleh responden yaitu seluruh guru pembimbing di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 26 guru pembimbing. Untuk pengujian validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dan untuk pengujian reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan untuk penggolongan kecenderungan dibedakan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows. Hasil penelitian ini persepsi guru pembimbing terhadap pelaksanaan proses pembelajaran mahasiswa praktik PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori sedang dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08% yang meliputi keterampilan membuka pelajaran dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang sebesar 76,92%, keterampilan menguasai materi dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 61,54%, keterampilan menyampaikan materi dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 69,23%, keterampilan pengelolaan kelas dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08%, dan keterampilan menutup pelajaran dengan total persentase dalam kategori tinggi dan kategori sedang 73,08%, sedangkan sebanyak 26,92% termasuk dalam kategori rendah hal ini dikarenakan mahasiswa praktik belum memiliki pengalaman mengajar dan kurang menguasai komponen-komponen dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dalam kemampuan menguasai dan menyampaikan materi sehingga interaksi dengan peserta didik belum maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9427

Actions (login required)

View Item View Item