Qomaruddin , Qomaruddin (2012) MODEL REGRESI PROBIT BIVARIAT. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
COVER - 06305141054.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 06305141054.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 06305141054.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 - 06305141054.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 06305141054.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Penulisan skripsi model regresi probit bivariat ini bertujuan untuk menjelaskan cara memperoleh taksiran parameter dan menguji signifikansinya dan menjelaskan penerapan model pada analisis kegagalan peluang pengujian emisi gas buang Hidrokarbon (HC) da n Karbon monoksida (CO) kendaraan bermotor. Taksiran parameter model diperoleh dengan melakukan perhitungan menggunakan metode maksimum likelihood yang dilanjutkan dengan menggunakan iterasi Newton-Raphson dalam menentukan lokasi dimana sebuah fungsi dimaksimumkan. Penaksiran parameter model regresi probit bivariat dengan variabel tak bebas: gas buang HC (Y1 * ), gas buang CO ( Y2 * ) dan variabel bebas: jenis kendaraan ( Xi1 ), kapasitas mesin (Xi2 ), bahan bakar ( Xi3 ), usia kendaraan ( Xi4 ), untuk i = 1 dan 2, pada analisis peluang kegagalan pengujian emisi gas buang HC dan CO kendaran bermotor menghasilkan: Y1 * = 0,1480862 – 1,071501X11 – 0,1575583X12 + 0,4502638 X13 + 0,1499581 X14 Y2 * = 2,41291 – 1,205771 X21 – 0,1630661X22 + 0,0831203 X23 – 0,2353199X24 Dan kedua model persamaan tersebut seca ra signifikan tidak saling berkorelasi satu sama lain dibuktikan dengan pengujian Lagrange multiplier yang menghasilkan p-value = 0,23 > 0.05. Sementara it u, hasil dari pengujian perbandingan likelihood ߯ hitung ଶ = 11,5361 > ߯ (0,05; 4 ) ଶ = 9,488 artinya bahwa secara keseluruhan variabel bebas tersebut berpengaruh terhadap kegagalan pengujian emisi gas buang HC dan CO. Dan dengan diperolehnya nilai z ½ (1-0,05) = z (0,475) = 0,68 dari uji Wald dengan taraf α = 0,05 maka didapat kesimpulan bahwa pada persamaan pertama ( Y1 * ) semua variabel bebas, kecuali konstantanya, berpengaruh signifikan terhadap pelua ng kegagalan pengujian emisi gas buang HC sedangkan pada persamaan kedua (Y2 * ) hanya variabel jenis kendaraan, dan variabel usia kendaraan saja yang be rpengaruh signifikan terhadap peluang kegagalan pengujian emisi gas buang CO sementara untuk variabel kapasitas mesin kendaraan dan bahan bakar tidak berpengaruh signifikan. Kata kunci : Probit Bivariat, Ma ksimum likelihood, Newton-Raphson
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probit Bivariat, Ma ksimum likelihood, Newton-Raphson |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 01:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |