PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJA ILMIAHANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATANDISCOVERYDAN VERIFIKASI PADA KERJA LABORATORIUM UNTUKKELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2011/2012

NURDINI, AVESTASARI (2012) PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJA ILMIAHANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATANDISCOVERYDAN VERIFIKASI PADA KERJA LABORATORIUM UNTUKKELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08302244005.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08302244005.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08302244005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 8.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 9.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 11.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 12.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 13.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 14.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 15.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 16.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 17.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 18.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 19.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 20.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 21.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 22.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 23.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 24.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 25.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 26.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 27.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 28.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 29.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 30.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 38.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0001.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0002.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0003.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0004.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0005.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0006.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0007.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0008.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0009.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0010.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0011.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0012.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0013.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0014.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0015.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0016.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Hukum Ohm pada kerja laboratorium dengan pendekatandiscoverydan verifikasi, 2)ada tidaknya perbedaan kerja ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran Hukum Ohm pada kerja laboratorium dengan pendekatandiscoverydan verifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain penelitianMatching Pretest-PosttestComparison Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu kelas X yang terdiri dari enamkelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Dalam penelitian ini, untuk menentukan kelas yang dijadikan eksperimen dilakukan secaraacak. Dari populasi yang ada, yangterpilih sebagai dua kelas eksperimen yaitu kelas X-E dan X-F. Penentuan jumlah sampel dilakukan melalui matching nilai pretest keterampilan awal berpikir kritis kedua kelas, sehingga diperoleh 27 siswa dari masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data keterampilan awal berpikir kritis siswa, lembar observasi untuk memperoleh data kerja ilmiah siswa, danposttestuntuk memperoleh data keterampilan akhir berpikir kritissiswa.Validasisoal keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Pengujianprasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkanuntuk pengujian hipotesis menggunakanAnova Two Waysdilanjutkan dengan ujiPost Hocdan Pairwise Comparisonsdengan bantuanSPSS 17.0Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa1) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikanantara siswa yang mengikuti pembelajaran Hukum Ohm pada kerja laboratorium denganpendekatandiscoverydan verifikasi, 2)adaperbedaan kerjailmiah siswa yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran Hukum Ohm pada kerja laboratorium dengan pendekatandiscovery dan verifikasi. Siswa yang mengikuti pembelajaran Hukum Ohm pada kerja laboratorium dengan pendekatan discoverymemiliki hasil keterampilan berpikir kritis dan kerja ilmiah lebih baik dibandingkan dengan pendekatan verifikasi. Kata kunci : Kerja Laboratorium, Pendekatan Discovery, Pendekatan Verifikasi, KerjaIlmiah, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerja Laboratorium, Pendekatan Discovery, Pendekatan Verifikasi, KerjaIlmiah, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 09 Jan 2013 03:22
Last Modified: 29 Jan 2019 18:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9365

Actions (login required)

View Item View Item